Posted by: mkks smk batam | June 15, 2010

RSBI Ciptakan Kasta Pendidikan

RSBI Ciptakan Kasta Pendidikan

Ditulis oleh Redaksi , Selasa, 15 Juni 2010 06:41

BATAM CENTRE (BP) – Ketua dewan Pendidikan Kota Batam Hardi S Hood mengkritisi keberadaan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Menurutnya RSBI menciptakan kasta dalam pendidikan.

”RSBI bisa menciptakan diskriminasi dalam masyarakat,” katanya.

Menurut Hardi, keberadaan RSBI menjadikan kecemasan tersendiri bagi Dewan pendidikan. ”RSBI seakan membuat pendidikan menjadi eksklusif. Padahal semua orang berhak mendapat pendidikan yang setara dan tak ada yang ekslusif,” tuturnya.

Selanjutnya, eksklusifitas tersebut dikhawatirkan ikut masuk dalam kehidupan bermasyarakat. “Akan ada kesenjangan antara kaya dan miskin. Anak lulusan RSBI akan merasa lebih tinggi dari pada yang lulusan kelas reguler,” imbuhnya.

Namun hal tersebut dibantah wakil wali Kota Batam Ria Saptarika. Menurutnya RSBI mempunyai target yang lebih tinggi daripada sekolah reguler. ”Fasilitas dan guru juga lebih dari sekolah biasa. Untuk guru misalnya, diharuskan berbahasa Inggris,” katanya.

Lalu, bagaimana dengan kesan RSBI hanya untuk golongan kaya? Menurut Ria, memang untuk pendidikan yang lebih baik butuh biaya yang lebih besar. ”Selain APBD, juga dibutuhkan partisipasi orang tua,” akunya.

Untuk saat ini, Ria mengaku, RSBI belum optimal. Menurutnya, untuk menjadikan RSBI seperti yang diinginkan memang tidak mudah. “Saat ini kita masih jajaki. Kita harapkan, RSBI akan bisa menjadi percontohan pendidikan,” serunya.

Namun demikian, untuk golongan masyarakat yang tidak sanggup sekolah di RSBI, Ria mempersilakan masuk Sekolah Berstandar Nasional (SBN). ”Kan masih ada SBN yang juga kualitasnya tak kurang dari RSBI,” sebutnya. (vie)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: